kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Pemkab Tebo Mendukung Program Peningkatan Konsumsi Karet Rakyat untuk Infrastruktur Jalan

Selasa, 25 Juni 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika

Tebo - Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mengadakan Diseminasi Aspal Karet dengan tema "Peningkatan Konsumsi Karet Rakyat untuk Infrastruktur Jalan", bertempat di Hotel BW Luxury Jambi, Senin (24/6).

Program ini diselenggarakan dalam rangka upaya peningkatan konsumsi karet dalam negeri dan hilirisasi industri, untuk meningkatakan saing daerah, meningkatkan pendapatan daerah/nasional, serta peningkatan infrastruktur sarana prasarana jalan.

Kegiatan Desiminasi Aspal Karet dibuka oleh Edy Sutopo selaku Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Dihadiri oleh Wakil Bupati Tebo, Wakil Bupati Tanjabbar, Sekda Batanghari, kepala dinas terkait baik provinsi jambi maupun dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dan pihak swasta/perusahaan yang bergerak dalam bidang karet.

Edy Sutopo dalam sambutannya, produksi karet dalam negeri sekitar 83% masih diekspor dalam bentuk karet mentah dan 17% sisanya untuk konsumsi dalam negeri. Rendahnya permintaan ekspor karet mentah menyebabkan kelebihan suplai dalam negeri sehingga harga karet tidak stabil. Salah satu upaya untuk menstabilkan harga karet adalah dengan meningkatkan konsumsi domestik. "Perlu adanya sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat sehingga program Pemerintah Pusat dapat terlaksana. Diharapkan dengan adanya penggunaan aspal karet ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani karet. Ungkap Edy Sutupo.

Sementara itu, Wakil Bupati Tebo Syahlan, SH, menyampaikan, Pemkab Tebo mendukung penuh konsumsi karet rakyat untuk infrastruktur jalan nasional/daerah. "Penggunaan aspal karet dapat mendorong peningkatan harga karet dikarenakan penggunaan karet lokal akan memicu kenaikan harga karet di tingkat petani. "Ungkap Wabup.

 

Sumber : Humas Setda Kab. Tebo