kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Forum Konsultasi/Pertemuan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi TA. 2021 di Provinsi Jambi

Senin, 05 April 2021 Dinas Komunikasi dan Informatika

Jambi, 23 Maret 2021 Bertempat di Swiss-Belhotel Jambi, dilaksanakan Forum Konsultasi/Pertemuan Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi TA. 2021 di Provinsi Jambi. Kegiatan ini diinisiasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang dengan peserta berasal dari OPD Sub Urusan Jasa Konstruksi PUPR se-Provinsi Jambi dan Asosiasi Badan Usaha serta Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi.

Ir. Nicodemus Daud, M.Si. selaku Direktur Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dalam paparannya menyampaikan bahwa saat ini jumlah tenaga konstruksi berkompeten dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja hanya sebesar 680.674 orang atau hanya sebesar 8% dari total tenaga kerja konstruksi Indonesia, dengan jumlah Tenaga Ahli sebanyak 173.690 (26%), dan Tenaga Terampil sebanyak 506.984 (74%). Jika tidak segera diantisipasi, diprediksi pada Tahun 2024, Indonesia akan kekurangan SDM berkompeten. Guna mengantisipasi masalah tersebut maka dilakukan percepatan kegiatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, dengan pola Kerjasama Operasional antara Pihak BJKW II Palembang dan Dinas PUPR Kab/Kota.

Penandatanganan Kerjasama ini langsung dilakukan oleh Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sardi, S.T., M.Eng dan Nanan Abidin, S. Kom., M.M.S.I, selaku Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang. Pada Perjanjian Kerjasama ini Kabupaten Tebo mengusulkan untuk sertifikasi tenaga kerja konstruksi ditempat kerja (on the job training) pada pekerjaan Pembangunan Penambahan Ruang Rawat Inap VIP RSUD STS Muara Tebo. Untuk pelatihan diluar tempat kerja (off the job training), Kabupaten Tebo mengusulkan di Kecamatan Tebo Tengah, Kecamatan Tengah Ilir, Kecamatan Sumay dan Kecamatan Tebo Ulu. (mustari)