kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Bupati Tebo Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

Rabu, 23 Oktober 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika

Tebo - Peran santri sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam masyarakat atau bernegara, diakui oleh pemerintah dan negara. Hal tersebut terlihat dari UU Pesantren yang disahkan, setelah sebelumnya telah disahkannya pula Kepres No. 22 Tahun 2015 yang keduanya merupakan penguatan konstitusi oleh negara terhadap santri dan pesantren.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom., M.Si., membacakan sambutan tertulis Ketua PBNU KH. Syaid Aqil, pada pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional ke - V, diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tebo, Selasa (22/10).

Acara yang berlokasi di Lapangan Utama Desa Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir, dilaksanakan pula kegiatan peletakan batu pertama oleh Bupati Tebo untuk pembangunan Kantor, pelantikan kader dan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Rimbo Ilir.

Lanjut Bupati, ditengah revolusi gelombang keempat, santri harus kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap nilai-nilai baru yang baik sekaligus teguh menjaga tradisi dan nilai-nilai lama yang baik.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan tujuan pengabdian santri adalah meninggikan kalimat Allah yang paling luhur yakni tegaknya agama Islam rahmatan lil alamin. Islam yang harus diperjuangkan bukan sekadar akidah dan syariah, tetapi ilmu dan peradaban, budaya dan kemajuan. "Islam dalam ethos santri adalah keterbukaan,
kecendekiaan, toleransi, kejujuran, dan kesederhanaan,"Ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwasannya Islam pernah mencapai zaman keemasan pada abad ke-7 sampai 13 M dengan ilmu dan peradaban."Manfaatnya lintas zaman, melampaui sekat agama dan bangsa. Dunia berterima kasih kepada Islam karena ilmu pengetahuan. Itulah cara bela Islam yang benar," pungkasnya.

Acara yang diisi oleh tausiah dari Ust. Muzani Al Fadani ini dihadiri pula oleh Kepala Pengadilan Agama Tebo, Kepala Kemenag Tebo, Kepala OPD Pemkab Tebo, Pimpinan dan pengurus PCNU dan MWCNU se-Kab Tebo, Pimpinan serta perwakilan MUI Kabupaten dan Kecamatan, Camat dan Unsur Forkopimda Rimbo Ilir, Kepala KUA se-Kab Tebo, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Kab Tebo.

 

Sumber : Humas Setda Kab. Tebo