Tujuan Sasaran Pembangunan

Arah Kebijakan Pembangunan

Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tebo sesuai dengan visi dan misi Bupati terpilih adalah menitik beratkan pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka percepatan pembangunan diperlukan adanya grand strategi daerah yang kemudian akan menetapkan menjadi arah kebijakan pembangunan selama 5 (lima) tahun ke depan. Arah Kebijakan pembangunanKabupaten Tebo merupakan derivasi dari arah kebijakan pembangunan Provinsi Jambi  dengan mempertimbangkan potensi sumberdaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Tebo.

Secara garis besar, arah kebijakan umum pembangunan Kabupaten Teboperiode tahun 2011-2016 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang tercermin dari meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pendapatan. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh pengurangan kemiskinan, pengurangan tingkat pengangguran yang diwujudkan dengan bebrapa program yang menyentuh langsung kepada masyarakat seperti perbaikan kualitas sumber daya manusia, perbaikan infrastruktur dasar, pemenuhan kebutan pangan serta menjaga dan memelihara lingkungan hidup secara berkelanjutan.
  2. Memperkuat dimensi pembangunan yang berkeadilan termasuk pengurangan kesenjangan pendapatan, pengurangan ketimpangan pembangunan antar daerah, dan diskriminasi jender. Dalam hal ini penegakan hukum yang bersih, adil dan tidak pandang bulu.
  3. Tata kelola pemerintahan yang baik dengan penerapan prinsip-prinsip antara lain: keterbukaan, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi, supremasi hukum, keadilan, dan partisipasi. Penerapan tatakelola pemerintahan yang baik secara konsisten dan berkelanjutan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah mempunyai peranan yang sangat penting bagi tercapainya sasaran pembangunan daerah, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi secara efektif dan efisien.