Visi dan Misi

VISI

Visi pembangunan Kabupaten Tebo adalah “Menuju Tebo Sejahtera (MTS):  Aman, Harmonis dan Merata”. Dapat dijabarkan sebagai berikut:

Sejahtera

Terpenuhinya hak-hak dasar semua lapisan masyarakat baik itu dibidang sosial, ekonomi dan budaya, serta dibidang pangan, sandang dan perumahan.

Aman

Keadaan yang menggambarkan perwujudan perasaan aman dan kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih bermutu dan maju; serta memilliki pilihan yang luas dalam seluruh kehidupannya yang dilandasi supremasi hukum dan Hak Azazi Manusia yang tinggi.

Harmonis

Suatu kondisi kehidupan masyarakat dimana masing-masing komponen dan anggota masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan dan keragaman budaya, suku, adat, agama dan kepercayaan.

Merata

Masing-masing anggota masyarakat mendapat hak yang seharusnya mereka terima terutama hak akan keamanan, pendidikan, layanan kesehatan, hidup layak, hak berpolitik dan hidup bermasyarakat secara layak tanpa perbedaan.

 

MISI

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 6 (enam) Misi Pembangunan Kabupaten Tebo Tahun 2011- 2016, sebagai berikut:

Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur dan ketersediaan sarana prasarana layanan umum.
Meningkatkan mutu pendidikan,  layanan kesehatan, tatanan kehidupan beragama dan berbudaya.
Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang cepat, tepat, bermutu, dan bersih KKN serta jaminan kepastian dan perlindungan hukum.
Mendorong tumbuhnya perekonomian daerah dan pendapatan masyarakat berbasis agrobisnis dan agroindustri.
Meningkatkan peran serta TOGA, TOMA, TODA dan kesetaraan Gender dalam pembangunan.
Melestarikan lingkungan hidup dengan cara mempertahankan dan memelihara flora dan fauna yang masih tersisa di hutan Tebo.

 

Nilai-Nilai Dalam Pembangunan 2011-2016:

Kebersamaan; saling bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama Kepatuhan; taat dan patuh terhadap hukum dan perundang-undangan Keagamaan; masyarakat yang madani dan saling hormat menghormati Kesejahteraan; terjadinya pemerataan pembangunan di semua bidang.

 

TUJUAN DAN SASARAN

Untuk mewujudkan tujuan dari pembangunan Kabupaten Tebo 5 (tahun) kedepan, Bupati dan Wakil Bupati periode 2011-2016 menetapkan sasaran pembangunan seperti terlihat pada tabel di bawah ini.