kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris dengan Membuat Greeting Card

Senin, 15 Maret 2021 Dinas Komunikasi dan Informatika

Oleh: Andwi Putri Rezki, S.Pd

Guru SMPN 2 Tebo/ Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation

Mengajar Bahasa Inggrismemilikitantangantersendiri, karenabukanbahasa yang sehari-harikitaucapkan.Guru harusmemilikistrategi agar pembelajaranmenarik dan menyenangkan bagi siswa.

Guru harusmemberikanpemahamanbahwa Bahasa Inggrisitutidaksulitdanmenegangkan.

Kita bisamengajaksiswabelajarbahasaInggrisdenganmelakukankegiatan yang membuatkreativitassiswaterasah.

Belajarsambilberkreasiakanmemberikanpenyegaranpikiran, membentukdayaimajinasisertamengembangkankreativitassiswasehinggakemampuankognitifdanskillsiswatersebutakanberkembang.

Sebagai guru Bahasa Inggrissayaberusahamembuat proses pembelajarandi kelasmenyenangkan.Padabeberapawaktulalu,sayamengajarmateri greeting card.Sayamengajaksiswabelajarmenuliskalimatdalam Bahasa Inggrissambilberkreasi.

Saya mencoba membangkitkan minat siswa di kelas VIII A SMPN 2 KabupatenTebo dengan belajarasyik dan sukacitalewatkreasiedukasi.

Kreasipembelajarantersebutmelalui Greeting card. Greeting card ataukartuucapanadalahkartu yang berisikanpesansepertidoa,harapan, rasa terimakasihkepadaseseorang.

Tujuanpembelajarandarikartubergantungpadasituasipenerimakartutersebut. Untukkelassaya, greeting card yang dibuatditujukanuntukseorangIbu, yang mana berisirangkaian kata cintauntukIbu.

Denganalasanitulahsayamengajaksiswabelajarmembuatgreeting card yang ditujukankepadaIbu. SiswabelajarmenuliskalimatdalambahasaInggrisdanjugabisamempererathubunganorangtuadananak.

Padasaat proses pembelajaran, setiapsiswabekerjasecaraindividuuntukmendesaingreeting card. Mereka membuat kreasi dalam mendesain greeting cardsesuai ide merekamasing-masingsecara terampil, percaya diri, dan juga kreatifdenganmenanamkankonsepMIKiR.

Kemudianmengekspresikan apa yang ada dalam pikiran merekalewattulisan kata cintauntukseorangIbu.Kegiatan ini dilakukan dengan gembira dan tanpa beban karena siswa dapatmengembangkankreativitas.

Kreativitassetiapanakpentinguntukdikembangkanhalinisenadadenganapa yang disampaikanolehMartini (2006: 58), iamengemukakanbahwatujuankreativitasadalahanakdapatmendapatkankesempatanuntukmewujudkanberbagaiinisiatif yangdipikirkannya yang akanberkembangmenjadianak yang percayadiri.

Dalammembuatgreeting cardini, setiapsiswabekerjadenganberdasarkanpetunjukpadalembarkerja yang disediakan, kemudian siswa mendesain greeting card, dengan bahan-bahan seperti karton, kertas origami, lem, danbarang bekas yang bisa dijadikan hiasan untuk greeting card. Setelah itu, siswamenulis (writing).

Kreativitas siswa pun tergali, jari jemari merambat menari tak mau berhenti membuat kreasi, mereka antusias dan aktif dalam pembelajaran.

Melaluikegiatanini, sebenarnyasiswasedangmempraktikkanketerampilanmenulisdanketerampilanberkreasidalammendesain yang dimilikinyasecaralangsung.

Lewatpraktikinisiswamendapatkandanmenemukanpengalamanunik yang dapatmembangunpengetahuannyadanmengembangkandirinyasendiri.

Dalammembuatgreeting cardsetiapsiswaharusmemperhatikangeneric structuredarigreeting card. Terdiridarireceiver (penerima), body (isi) dansender (pengirim).

Contoh isi greeting card yang di buatoleh Clara MeybiLisyasiswikelas VIII A:

 

 

Dear Mom,

I love you mom,you’re the best listener,thank you for being such a great mom. You are my friend, my spirit. You make everything more beautiful.

Your daughter,

Clara MeybiLisya

 

 

Setelah greeting card jadi, lalu diberikan kepada Ibu. Sederet senyum tawa menghiasi wajah rupawan Ibu, ketika menerima greeting card berisi rangkaian kata cinta dari putra putri mereka.

Pesan singkat ini memang sangat sederhana namun sangat berarti karena dapat membuat sang ibu merasa dicintai dan dihargai.

Saya sebagai guru ikut terharu, tak terasa bulir-bulir bening menetes menghiasi kelopak mata ini, ketika menyaksikan karya siswa bisa disampaikan kepada orangtua.

Hasil dari pembelajaran ini kreativitas siswa terasah, siswa menjadi aktif, kemampuan menulis dalam bahasa Inggris bertambah, keakraban dan komunikasi orang tua dan anak menjadi semakin kuat dan berdampak positif.

Sehingga terciptalah sebuah kreasi edukasi melalui materi greeting card.

Pembelajaran yang sederhana, namunmembuatsiswamampumenulisucapandalam Bahasa Inggris, sepertirefleksi yang disampaikan Clara.

“Senang, bisabelajaraktifbersamaibuAndwi, kinisayabisamembuatucapandengan Bahasa Inggris” ujar Clara dalamrefleksi di akhirpembelajaran.