Simulasi Pemungutan ditutup dengan Penghitungan Surat Suara

Selasa, 20 Desember 2016 03:52 WIB Second

Dengan disaksikan oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Tebo, Simulasi Pemungutan Suara ditutup dengan kegiatan Penghitungan Suara yang juga disaksikan langsung oleh PPL dan Panwascam Kecamatan Tebo Tengah di TPS 04 Pancuran Gading Kelurahan Muara Tebo.

Pantauan kpu-tebokab.go.id, hingga Pukul 13.00 Wib, KPPS di TPS 04 Pancuran Gading Kelurahan Muara Tebo mengumumkan bahwa pelaksanaan pemungutan suara telah di tutup. Dan diketahui pemilih yang hadir dari 216 Pemilih ditemukan ada 16 Pemilih yang tidak hadir, sedangkan pemilih dalam kondisi sakit langsung di datangi oleh KPPS dan PPL sesuai dengan kesepakatan yang juga disepakati oleh Saksi Paslon. Setelah di tutup Pukul 13.00 Wib, dilanjutkan dengan proses penghitungan suara pada Pukul 14.00 Wib hingga 15.30 Wib dengan disaksikan oleh seluruh anggota PPK Se-Kabupaten Tebo.

Ahdiyenti Anggota Komisioner KPU Tebo Devisi Perencanaan Program dan Data mengatakan,"Simulasi ini dilaksanakan selain sebagai proses pelatihan bagi petugas dilapangan maupun masyarakat terkait sistem pemungutan, juga bertujuan untuk memberi masukan terhadap apa-apa yang menjadi catatan penting atau terhadap hal-hal yang disempurnakan,"jelasnya.

Sementara itu Ketua PPK Kecamatan Sumay Mahyaruddin mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara ini sangat bermanfaat sebagai bekal bagi PPK, PPS, dan KPPS pada pelaksanaan pemilihan. Dari simulasi inipun PPK akan melakukan evaluasi terhadap hal-hal yang masih perlu disempurnakan.

“Dari simulasi ini kita bias melihat proses dan tahapan yang akan dilakukan saat pemungutan maupun penghitungan suara, terutama bagi KPPS yang menjadi petugas di TPS. Informasi dari Simulasi inipun akan kita sampaikan kepada PPS dan KPPS,”pungkasnya.(Sumber dari kpu-tebokab.go.id)